PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM DUNIA PENDIDIKAN

Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Dunia Pendidikan-Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) saat ini berkembang begitu pesat dalam berbagai bidang kehidupan,  tidak hanya di kota besar tetapi sudah merambah sampai tingkat pelosok daerah/pedesaan. 


Perkembangan dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)  seperti komputer, internet, video, flash dan sebagainya sudah saatnya kita manfaatkan semaksimal mungkin untuk kemajuan dunia pendidikan di negara kita. Keberadaan berbagai media tersebut dapat berperan serta secara aktif dalam memecahkan masalah-masalah di dunia pendidikan nasional kita serta dalam upaya pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pengembangan dan pendayagunaan teknologi komunikasi dan informasi (TIK).

Kegiatan belajar mengajar diharapkan akan dapat lebih menyenangkan, menarik dan lebih efektif serta efisien apabila memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi melalui penerapan sistem pembelajaran elektronik (e-learning) yaitu metode belajar yang melibatkan alat-alat canggih seperti komputer dan internet, video, flash, infokus dan sebagainya.

Modul ataupun materi pelajaran yang ditampilakan dalam bentuk sistem pembelajaran elektronik (e-learning) akan dapat membantu dan mempermudah siswa dalam menguasai materi pelajaran sekolah.  Dengan demikian para siswa diharapkan dapat mencapai Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dan Standar Kompetensi Kelulusan Satuan Pendidikan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Bagi para pendidik baik guru maupun dosen, media pembelajaran elektronik (e-learning) ini dapat berfungsi sebagai alat atau media peraga, sehingga kegiatan belajar mengajar di kelas menjadi lebih menyenangkan.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Dunia Pendidikan, semoga dapat bermanfaat....

Bagikan artikel ini :
 
Created by : EKONOMI Holic Media
Copyright © 2013. Blog EKONOMI Holic - All Rights Reserved
Media Pembelajaran Ekonomi SMA