PELUANG USAHA CUCI MOTOR DAN MOBIL

Saat ini begitu banyak peluang atau kesempatan untuk membuka usaha skala kecil menengah dengan modal yang tidak begitu besar dan relatif mudah untuk dijalankan tanpa perlu memiliki skill yang khusus. Salah satunya adalah usaha di bidang jasa usaha cuci motor dan mobil baik di daerah maupun di perkotaan mengingat semakin banyaknya kendaraan peluangnya masih terbuka lebar.

Sebagai gambaran saja modal yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Tempat dengan luas minimal 16 meter persegi.
  2. Dana sekitar Rp.7.500.000,-.
    Modal diperlukan untuk membeli pompa air, kompresor, dan peralatan cuci, seperti sabun, sampo motor, sikat, kanebo, dan pengkilap cat motor. Modal ini termasuk untuk perbaikan tempat sesuai dengan kebutuhan, seperti kran dan saluran air.
  3. Tenaga kerja, 2-3 orang, untuk mencuci motor (salah satu merangkap sebagai tenaga kerja administrasi).
    Jika makin banyak pengguna jasa yang datang, jumlah tenaga kerja bisa ditambah.
Kiat menjalankan usaha
  1. Cari lokasi usaha yang strategis dan banyak kendaraan bermotor. Pertimbangkan persaingan dan lingkungan yang banyak penduduk.
  2. Mencari dan melatih tenaga kerja tentang cara dan standar kebersihan dalam mencuci sepeda motor sampai menyemir ban. Pilih pekerja yang mau bekerja keras dan tidak malas.
    Gaji mereka berdasarkan jumlah motor yang dicuci. Ini dapat merangsang mereka agar giat bekerja dan mengurangi resiko jika jumlah konsumen sedikit, biasanya dengan sistem bagi hasil, misalnya harga cuci motor Rp. 7.000,- bagian untuk karyawan Rp. 3000,- .
  3. Latih tenaga kerja tersebuttentang bagaimana cara melayani dan berhubungan dengan konsumen.
  4. Tentukan harga cuci sepeda motor. Biasanya harga berkisar antara Rp. 5.000,- – Rp. 8.000,-. Penentuan harga tergantung dari potensi pengguna jasa dan pelayanan yang anda tawarkan. Misalnya, menambah dengan menyemir ban.
  5. Administrasi yang rapi, yaitu mencatat setiap pengeluaran (listrik, air, gaji pegawai, iuran warga) dan pemasukan. Berikan kwitansi pada setiap konsumen yang mencuci motornya di tempat Anda.
Selamat mencoba....

Bagikan artikel ini :
 
Created by : EKONOMI Holic Media
Copyright © 2013. Blog EKONOMI Holic - All Rights Reserved
Media Pembelajaran Ekonomi SMA